Untuk pembacaan tabel periodik unsur kimia  berdasarkan jumlah kulit elektron dalam atom. Dalam tabel periodik ini ada kolom yang biasa disebut golongan tabel periodik. Unsur-unsur yang segolongan mempunyai konfigurasi elektron valensi yang mirip, sehingga mempunyai sifat yang mirip pula. Untuk baris dalam tabel periodik disebut periode tabel periodik. Walaupun golongan adalah cara yang paling umum untuk mengklasifikasi unsur, ada beberapa bagian di tabel unsur yang kecenderungan sifatnya secara horisontal dan kesamaan sifatnya lebih penting dan mencolok daripada kecenderungan vertikal. Fenomena ini terjadi di blok-d (atau "logam transisi"), dan terutama blok-f, dimana lantinida dan aktinida menunjukan sifat berurutan yang sangat mencolok.

Penggolongan :
  1. Unsur dalam Kelompok 1 adalah  logam alkali. Mereka adalah kolom pertama tabel periodik, label Group 1A. Logam alkali logam yang membentuk garam dan senyawa lainnya. Logam alkali semua sangat reaktif. 
  2. Grup 2 berisi alkali tanah logam. Mereka berada dalam kolom kedua dari tabel periodik, berlabel Group lla. Logam alkali tanah yang membentuk senyawa.
    Sepuluh kolom berikutnya merupakan kelompok 3 sampai 12. Ini adalah logam transisi. Logam ini dalam kolom-kolom berlabel LB melalui VlllB. Logam transisi logam berat seperti emas. Mereka memiliki titik lebur tinggi. Mereka sangat baik konduktor listrik. Sebagian besar logam di meja jatuh dalam kelompok-kelompok ini. Kelompok ini dipecah menjadi kelompok-kelompok kecil. 
  3. Kelompok 13 hingga 15 mengandung beberapa logam, nonlogam dan metaloid. Ini adalah campuran karena unsur-unsur transisi secara bertahap dari logam untuk nonmetals. Elemen ini berbagi beberapa properti umum. Logam-logam dalam kelompok-kelompok tertentu ini disebut logam dasar. 
  4. Beberapa elemen memiliki beberapa sifat logam, tapi tidak semua sifat-sifat logam, ini disebut metaloid. Unsur-unsur lain telah tidak ada sifat-sifat logam, maka elemen ini disebut nonlogam. Nonlogam tidak baik konduktor atau listrik. Most are brittle and dull in appearance. Sebagian besar rapuh dan membosankan dalam penampilan. Mereka adalah jauh atas sisi kanan, di atas zigzag. Mereka dibagi menjadi dua kelompok yang disebut halogen dan gas mulia. 
  5. Kelompok 17 adalah halogen Mereka berada di kolom berlabel Group VII. Halogens are highly reactive. Halogen sangat reaktif. 
  6. Kelompok 18 gas mulia. Mereka berada di kolom berlabel Group VIIl. Gas mulia tidak reaktif.