Salsabila-Ravina.blogspot.com

Spektrum Atom


Spektrum atom adalah berkas cahaya yang dipancarkan oleh suatu atom. Apabila atom dipanaskan sampai tidak memecah, maka akan terjadi atom yang tidak stabil atau atom eksitasi. Dalam keadaan atom eksitasi umumnya tidak dalam waktu lama dan bila tidak sampai atom memecah amak akan berusaha kembali ke keadaan semula yang stabil sambil melepaskan energi yang kelebihan itu dalam bentuk cahaya.

Besarnya frekuensi cahaya yang dikeluarkan akan tergantung pada besarnya energi yang diserap, sesuai dengan persamaan :
V = {E1 – E0} / h
atom
Struktur atom sendiri terdiri dari nukleus sebagai inti yang bermuatan positif karena adanya proton, dan elektron yang bermuatan negatif mengelilingi inti atom. Elektron yang mengelilingi nukleus selalu beredar pada orbitnya dan diatur oleh energinya. Tiap – tiap elektron pada orbit yang berbeda, akan berbeda pula energinya, sehingga elektron tidak dapat beredar pada orbit lain, tetapi tetap pada orbitnya sehingga besarnya energi akan tetap.
energi elektron

Energi suatu elektron terdiri dari dua jenis :

1.      Energi kinetik : energi yang disebabkan oleh putaran elektron dengan ke arah luar.
2.      Energi potensial : energi yang disebabkan oleh gaya tarik menarik anatara muatan elektron dan muatan proton.

Bila atom tersebut diberikan energi panas, maka yang pertama mendapat panas adalah elektron paling luar, sehingga elektron dapat berpindah peredarannya.

Peredaran elektron dalam suatu atom dapat menjauhi atau mendekati inti atom bila ditambah atau dikurangi energinya. Bila ditambah energi maka peredaran elektron akan menjauhi inti dan bila energi berkurang maka peredaran elektron akan mendekati inti.

radian energi

Contoh bila logam Na dipanaskan maka radian energi yang dikeluarkan berupa warna kuning dan mempunyai panjang gelombang sebesar 589,3 mµ dan frekeunsi 5,09 x 1014 hz.


Bila energi yang diserap besar maka frekeunsi yang dikeluarkan akan besar pula dan sama untuk keadaan sebaliknya. Pengeluaran cahaya untuk satu jenis frekuensi atau panjang gelombang ini biasa disebut sebagai Resonance Radiation. Dan ini bila kondisi atom dipanaskan tidak terlalu panas.

Bila bentuk dan jenis orbit lebih dari satu, maka dikeluarkan lebih dari satu jenis cahaya yang frekuensi atau panjang gelombangnya berbeda-beda dan disebut sebagai black body radiation dan untuk spektrum yang dihasilkan sebagai continous spectrum.
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

0 comments on Spektrum Atom :

  • Share
  • GADGET