hemoglobin

Protein secara umum dapat dikategorikan oleh macam – macam tugas yang dilaksanakan. Protein serat (fibrous protein, atau juga disebut protein struktur) yang membentuk kulit, otot, dinding pembuluh darah, dan rambut, terdiri dari molekul panjang mirip benang yang ulet dan tidak larut.

       
Kelas
Penjelasan
Serat atau struktur (tidak larut)

Kolagen
Membentuk jaringan penyambung, merupakan 30% protein binatang menyusui, kekurangan sisteina dan tritofan, kaya hidroksiprolina
Elastin
Membentuk urat dan pembuluh darah
Keratin
Membentuk rambut, bulu (burung), kuku; kaya sisteina dan sistina
Globular (larut)

Albumin
Albumin telur dan serum
Globulin
Globulin serum
Histon
Terdapat dalam jaringan kelenjar dan bersama – sama asam nukleat, kaya lisina dan arginina
Protamina
Diasosiasikan dengan asam nukleat; tidak mengandung sisteina, metiona, tirosina, atau triptofan; kaya dalam arginia
Konyugasi (bersenyawa dengan zat lain)

Nukleorotein
Bersenyawa dengan asam – asam nukleat
Mukoprotein
Bersenyawa dengan >4% karbohidrat
Glikoprotein
Bersenyawa dengan <4% karbohidrat
Lipoprotein
Bersenyawa dengan lipida, seperti fosfolipida atau kolesterol

        Tipe fungsional lain adalah kelas protein granular, yang bentuknya agak bulat karena rantai – rantai melipat bertumpukan. Protein globular larut dalam air dan melakukan berbagai fungsi dalam suatu organisme. Misalnya hemoglobin, mengangkut oksigen ke sel – sel, insulin membantu dalam metabolisme karbohidrat, antibodi membuat protein asing menjadi tidak aktif; fibrinogen (larut) dapat membentuk serat – serat yang tidak larut yang berfungsi menggumpalkan dara, dan hormon – hormon mengemban pesan – pesan ke seluruh tubuh.

        Protein konyugasi yang dihubungkan ke suatu bagian non protein misalnya gula, melakukan berbagai fungsi dalam seluruh tubuh. Suatu cara hubungan yang lazim antara protein dan non protein adalah dengan rantai samping fungsional dari protein. Misalnya suatu rantai samping asam dari protein dapat membentuk suatu ester dengan gugus –OH dari molekul gula.