Protein adalah salah satu golongan biopolimer yang terpenting. Protein mempunyai bobot molekul serendah 500 dan setinggi jutaan. Protein terdapat dalam tumbuhan dan hewan sebagai rambut, wool, tanduk, jaringan organ, sutera dan banyak struktur lainnya.

        Protein sederhana terhidrolisis menghasilkan asam – asam amino. Hanya ada dua puluh asam amino yang berbeda membangun semua protein yang dikenal. Semua asam amino adalah asam a-amino; yaitu, gugus amino pada atom karbon terdekat dengan gugus karboksil. Semua asam amino yang terdapat secara alamiah sekurang – kurangnya mempunyai satu gugus amino dan satu gugus karboksil. Secara umum struktur asam amino adalah :

asam amino

        Dimana R boleh jadi alifatik atau aromatik dan mungkin mengandung tambahan gugus fungsional seperti amina, karboksil, hidroksil, dan sulfhidril (-SH).

L-amino

        Semua asam amino yang terdapat di alam dalam protein – protein adalah asam – asam L-amino, dianggap gugus NH2 terletak pada kiri dari rumus proyeksi Fisher. Salah satunya yang kekecualian adalah glisina yang akiral.

Tabel Asam Amino