senyawa sabun
Sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali (seperti natrium atau kalium hidroksida) pada suhu 80 – 100 °C melalui suatu proses yang dikenal dengan saponifikasi.

Bila sabun dicampurkan dengan air akan terdispersi, dimana molekul – molekul sabun yang terdiri dari suatu ekor hidrokarbon yang panjang dan kepala ion.  Ujung ion larut dalam air, tetapi hidrokarbonnya tidak larut. Akibatnya sabun membentuk misel – misel sedemikian rupa sehingga semua ekor hidrokarbon berada di dalam bagian menjauhi air, dan untuk kepala io karboksilat, berada pada permukaan.
misel sabun

Pada pencucian, proses pengangkatan kotoran atau daki atau gemuk sukar hanya dengan air karena partikel – partikel kotoran biasanya dilapisi oleh lemak atau minyak sehingga tidak larut dalam air. Bila dipergunakan sabun, lapisan minyak dari partikel kotoran itu larut dalam rantai – rantai hidrokarbon dari misel – misel sabun yang karenanya terlarut dan terbawa oleh air.
sabun dan kotoran

Bagian luar dari misel – misel sabun semunya bermuatan negatif, sehingga tolak menolak satu sama lain dan tidak bertabrakan atau mengendap.