Keton bisa berarti gugus fungsi yang dikarakterisasikan oleh sebuah gugus karbonil (O=C) yang terhubung dengan dua atom karbon ataupun senyawa kimia yang mengandung gugus karbonil. Dan Aldehida merupakan senyawa organik yang terdiri dari atom karbon yang berikatan dengan atom hidrogen dan berikatan rangkap dengan atom oksigen. Kata aldehida merupakan kependekan dari alcohol dehidrogenasi yang berarti alkohol yang terdehidrogenasi. Golongan aldehida dan keton ini bersifat polar.
aldehida dan keton
Aladehida dan keton mempunyai kegunaan praktis yang umum, seperti formaldehida adalah suatu obat pembasmi kuman (desinfektan) dan bahan pengawet, vanilin suatu bumbu alamiah. Aldehida dan keton terkandung dalam berbagai produk sayur mayur seperti buah almond dan kayu manis, juga dalam produk hewani seperti hormon-hormon seks dan zat yang terdapat dalam rusa kecil.

Berikut ini beberapa contoh senyawa aldehida :
aldehida

Berikut ini beberapa contoh senyawa keton :
keton

Tata Nama

Secara umum untuk pemakaian nama aldehida dan keton dirujuk pada nama trivialnya. Nama trivial aldehida diberdasarkan atas asam karboksilat yang berhubungan. Sebagai contoh formaldehida dapat dioksidasikan menjadi asam formiat dan asetaldehida dapat dioksidasikan menjadi asam asetat. Untuk keton diberi nama trivial dengan nama kedua gugus hidrokarbon diikuti dengan kata keton, seperti metil etil keton. Ada beberapa keton mempunyai nama khusus seperti aseton, asetofenon dan benzofenon.

Dalam nama sistematik IUPAC, aldehida diberi nama dari alkana induknya dengan penggantian akhira –a dengan –al.

tata nama aldehida


Dalam nama IUPAC untuk keton dibentuk dengan penggantian alkana induknya akhiran –a dengan –on.
tata nama keton

Gugus Karbonil
Gugus ini sangat reaktif karena kepolarannya. Dua sistem bekerja menjadikan gugus ini sangat polar, yaitu :
  1. Kepolaran ikatan C=O. Beda keelektronegatifan antara karbon dan oksigen menjadikan ikatan sigma C=O sangat polar.
  2. Resonansi.

gugus karbonil

Sifat – Sifat Fisika Aldehida dan Keton
Adanya gugus karbonil sangat polar, aldehida dan keton dapat membentuk ikatan hidrogen dengan molekul air dan senyawa lain yang mampu menyediakan atom hidrogen potensial yang diperlukan. Tetapi molekul aldehida dan keton tidak dapat membentuk ikatan hidrogen satu sama lain karena tidak memiliki atom hidrogen yang potensial untuk membentuk ikatan itu.
sifat fisika aldehida dan keton

Secara umum aldehida dan keton dapat dinyatakan sebagai berikut :
1.      Aldehida dan keton larut dalam pelarut yang dapat menyediakan atom-atom hidrogen untuk membentuk ikatan hidrogen.
2.      Aldehida dan keton mempunyai titik didih yang lebih rendah daripada alkohol atau senyawa lain yang mempunyai ikatan hidrogen, karena molekul aldehida dan keton tidak mempunyai ikatan hidrogen. Aldehida dan keton mempunyai titik didih yang lebih tinggi daripada hidrokarbon yang mempunyai bobot molekul yang sebanding karena gugus karbonil polar. Kepolaran menghasilkan gaya tarik menarik antar molekul yang harus diatasi selama pendidihan.







9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.