Otot

        Persendian dalam tubuh dikontrol oleh otot. Kata sehari – hari dari otot adalah daging. Otot merupakan berkas serabut otot, pembuluh darah dan serabut syaraf. Otot dihubungkan ke tulang dekat persendian dengan urat kuat, yang disebut tendon. Otot tersusun dalam beberapa lapisan, yang satu di atas yang lainnya. Otot bertugas mengerakkan tubuh. Tiap potong tulang yang dapat bergerak mempunyai otot yang menggerakkannya. Otot bisa mengerut (kontraksi) dan mengendur (relaksasi). Bila otot mengerut, ia jadi pendek. Tulang tempat otot terpasang ditariknya sehingga bergerak. Jadi otot bisa menarik, tetapi tidak bisa mendorong. Kalau manusia membengkokkan lengan, otot bisep mengerut dan menarik tulang lengan bawah. Untuk meluruskan lengan kembali diperlukan otot lain, yakni otot trisep. Otot trisep mengerut, otot bisep mengendur. Nyatanya otot bekerja berpasang - pasangan.

        Otot yang besar – besar terdapat di punggung, lengan kiri, perut, dan dada. Semua otot tersebut di atas berada di bawah kemauan manusia dan disebut otot lurik atau otot sadar. Otot itu melakukan pergerakan karena kehendak manusia melakukan gerak itu, seperti lari, melempar, duduk, berbaring, mengayuh sepeda dan sebagainya.

        Ada jenis otot yang tidak dibawah kemauan manusia, disebut otot polos atau otot tidak sadar. Otot jenis ini berada pada jantung, pembuluh darah, lambung, dan lain – lain.

        Supaya dapat bekerja, otot memerlukan energi. Diperoleh energi dengan membakar sari makanan dan oksigen yang dibawa oleh darah.