sel
Semua makhluk hidup terjadi pada sel. Tubuh manusia pun terdiri dari bermiliar – miliar sel. Sel itu bentuknya sangat kecil dan hanya dapat dilihat dengan bantuan mikroskop. Walaupun demikian, sel itulah pembentuk kehidupan. Sel terdiri dari tiga bagian. Bagian terluar disebut kulit sel. Dalam kulit sel terdapat sitoplasma, lunak seperti agar – agar. Di dalam sitoplasma terdapat inti sel. Inti sel mengontrol pembuatan sel baru. Caranya, sel membelah diri. Tiap belahan tumbuh menjadi intisel dari sel baru, lengkap dengan sitoplasma dan kulit sel. Manusia tumbuh, karena tubuh membuat sel baru dengan cara membelah itu.

        Darah mengakut makanan yang sudah dicerna menuju sel yang jumlahnya miliar. Sitoplasma memakai sebagian dari sari makanan guna memperoleh energi yang diperlukannya. Bagian lain dipakai untuk membuat sel baru. Dan sebagian disimpan untuk cadangan.

Sari makanan dan oksigen yang diaantarkan darah ke sel masuk sitoplasma melalui kulit sel, yang bertindak sebagai saringan. Sampah yang terdapat sesudah terjadi pembakaran dalam sel keluar melalui kulit sel dan masuk ke dalam darah.

        Dalam tubuh manusia terapat berbagai jenis sel, masing – masing dengan bentuk tersendiri, supaya dapat melakukan tugasnya. Sel sejenis membentuk menjadi jaringan seperti jaringan kulit, jaringan tulang, jaringan otot, dan jaringan syaraf. Hanya ada satu sel yang berdiri sendiri yaitu sel darah di dalam pembuluh darah.

        Berbagai jaringan bergabung menjadi alat tubuh. Alat tubuh yang dimaksud adalah bagian tubuh yang mempunyai tugas tertentu, antara lain : jantung, paru – paru, lambung, otak dan kulit. Alat tubuh yang terluas permukaannya ialah kulit. Tugasnya bermacam – macam, menjaga supaya cairan tubuh tetap tersimpan dalam tubuh, mencegah air, udara dan debu memasuki tubuh, pengatur suhu tubuh. Dalam kulit terdapat ujung urat syaraf yang memberitahukan kepada manusia apa yang terjadi di dunia sekitar.

        Berbagai alat tubuh bekerja bersama – sama, disebut sistem. Jantung, pembuluh darah bergabung dalam sistem transportasi. Hidung, tenggorokan, paru – paru, membentuk sistem pernafasan.

        Semua sistem bekerja sama, yang memungkinkan tubuh manusia dapat tumbuh, bekerja, bermain, belajar dan melakukan tugas – tugas lainnya.