Fallout Shelter

Fallout Shelter adalah game spin-off dari serial game ternama Fallout yang dibuat oleh Bethesda. Permainan ini terinpirasi dari beberapa game seperti Little Computer People, X-COM, Sim City, hingga game parodi Progress Quest kata Tod.
Pada game mobile Fallout Shelter, pemain akan berperan sebagai pengelola bunker bawah tanah yang disebut sebagai Vault. Setelah terjadinya bencana nuklir, permukaan menjadi terlalu berbahaya untuk ditinggali dan orang-orang mulai banyak yang pindah ke bawah tanah. Sebagai seorang pengelola, maka bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai fasilitas penunjang hidup bagi para penghuni Vault dan memastikan kebahagiaan mereka menetap di sana. Berbagai hal harus dipertimbangkan, mulai dari ketersediaan sumber daya hingga serbuan para Raider.
Ada 3 sumber utama dalam Fallout Shelter, yaitu listrik, makanan dan air. Setiap ruangan di dalam Vault memerlukan listrik untuk tetap bisa bekerja dan bisa dipakai, sementara para penghuni bergantung pada makanan dan air agar bisa terus merasa senang.
Tampilan kartun serta gameplay yang terkesan simpel tentang mengelola bungker menyembunyikan kenyataan bahwa menjadi Overseer (pengelola bunker)  tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Fallout Shelter menyimpan tantangan yang berlapis-lapis bagi pemainya, terutama di bagian awal game. Pemain mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengalokasikan sumber daya manusia, membangun fasilitas karena terbatasnya dana, hingga tingkat kebahagiaan para penghuni yang terus-menerus anjlok.
            Sebelumnya melanjutkan untuk menjelaskan cara bermain Fallout Shelter ini, lebih baik memahami istilah – istilah yang ada. Berikut ini istilah – istilah yang ada dalam game Fallout Shelter.
·         OVERSEER
Saat bermain Fallout Shelter, pemain bertindak sebagai Overseer / pengawas / pengendali (mirip Walikota). Overseer bertanggung jawab untuk membuat seluruh Dwellers di Vault bahagia dan memastikan cadangan listrik, makanan, air dan obat-obatan tercukupi. Selain itu, Overseer menjadi penentu posisi atau pekerjaan Dweller di Vault (berdasarkan keahlian atau special masing-masing).
·         VAULT-TEC

Vault-Tec bisa diibaratkan seperti pemerintah. Setiap harinya, Vault-Tec akan memberikan penilaian atas kinerja Overseer. 

Vault
     ·         VAULT
Berdasarkan definisi, Vault berarti ruang besi atau banker. Vault dibangun di bawah tanah yang berbatu. Fungsinya sebagai tempat tinggal serta penyedia sumber kehidupan seperti listrik, makanan, air dan obat-obatan. Setiap Vault dihuni oleh Dweller yang memiliki special atau keahlian masing-masing. Contoh : Vault Power Generator membutuhkan Dweller dengan keahlian 'Strength' lebih tinggi.
·         WASTELAND
Ini adalah tempat dimana semua kehancuran berada. Dahulu, Wasteland adalah tempat yang dihuni oleh para Dwellers. Namun karena terjadi kekacauan, orang-orang mulai membangun kehidupan di bawah tanah (Vault). Sejak saat itu, dunia luar disebut sebagai Wasteland.
·         DWELLER
Jika Vault adalah tempatnya, maka Dweller adalah penghuninya. Setiap Dweller memiliki keahlian atau special sesuai bidang masing-masing. Buatlah Dweller selalu bahagia dengan menyediakan sumber daya yang cukup, membuat mereka tetap sehat, memberi pekerjaan sesuai special masing-masing dan berkembang biak. 
·         SPECIAL
SPECIAL adalah singkatan dari Strength, Perception, Endurance, Charisma, Intelligence, Agility, Luck. Setiap Dweller memiliki keahlian masing-masing. Pada gambar di atas, Virginia Grant memiliki keahlian 'Strength'. Maka Ia ditempatkan di Vault Power Generator atau Nuclear Reactor yang akan berjalan baik bila dikendalikan oleh Dweller yang memiliki keahlian 'Strength'.
·         CAPS dan LUNCHBOX
Untuk membangun Vault, kita membutuhkan CAPS (semacam uang). CAPS diperoleh dari reward harian serta kinerja setiap Dweller. Adapun Lunchbox adalah special reward yang didalamnya terdapat CAPS, weapon (senjata), outfits (pakaian), special Dwellers dan Mr. Handy. Lunchbox dapat diperoleh dari objective harian atau membelinya di Vault-Tec Shop.
·         STIMPACKS dan RADAWAYS

RadAways atau Anti Radiasi digunakan bila parameter kesehatan Dweller menjadi merah (biasanya karena kekurangan suplai air). Sedang StimPacks adalah untuk menambah level kesehatan setiap Dweller (ditandai dengan warna hijau).
mr handy

·         MR. HANDY
Robot ini membantu Overseer untuk men-collect CAPS. Juga membantu Dwellers untuk menghentikan serangan Radroach, Mole Rats, Deathclaw dan Raiders. Mr. Handy bisa diperoleh dari Lunchbox atau membelinya di Valut-Tec Shop.

·         RADROACH, RAIDERS, MOLE RATS, DEATHCLAWS 
Overseer dan Dweller akan menghadapi serangan dari 4 musuh. Pertama RadRoach merupakan hewan mirip kecoa raksasa ini muncul dari bawah tanah, level sedang. Kedua Raiders berupa musuh ini berwujud manusia. Mereka muncul dari Wasteland lalu masuk dengan cara paksa ke dalam Vault, level  sedang. Ketiga Mole Rats yaitu hewan ini seperti tikus raksasa, muncul dari dalam tanah, level bahaya. Dan keempat Deathclaws yakni monster yang sangat ganas ini muncul dari Wasteland, level sangat bahaya.


Untuk menjalankan game ini, diperlukan suatu rencana yang bagus agar bisa bertahan dan berkembang. Biasanya diperlukan tips, trik tertentu agar mudah menjalankan dalam mengelola Vault. Berikut ini trik dan tips yang bisa digunakan.
1.      Lakukan ekspansi ruangan dibandingkan Upgrade
Dalam Fallout Shelter, bisa memperluas serta melakukan upgrade terhadap semua ruangan di dalam Vault.  Memperluas ruangan memberikan tambahan produktivitas dan kapasitas agar semakin banyak penghuni yang dapat bekerja di dalamnya.  Melakukan upgrade hanya meningkatkan efisiensi ruang. Dengan memperluas ruangan, maka mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu peningkatan produktivitas dan kapasitas daripada upgrade yang hanya meningkatkan efisiensi. Alasan lain harus mengutamakan ekspansi adalah biaya. Biaya untuk melakukan ekspansi sering kali lebih murah daripada melakukan upgrade. Lagipula, peningkatan output yang didapatkan dari upgrade juga tidak seberapa dibandingkan ekspansi ruangan. Maksimal 3 ruangan yang sama bisa ditempatkan secara horizontal untuk menjadi satu ruangan yang lebih besar. Memperbesar (menggabungkan) ruangan akan menambah kapasitas produksi dari ruangan tersebut. Jadi, sangat direkomendasikan jika pada awal-awal game, utamakan untuk memperbesar ruangan dibanding melakukan upgrade.
2.      Penempatan Penghuni yang Tepat
Setiap ruangan memerlukan penghuni yang bekerja untuk bisa menghasilkan sumber daya. Menempatkan penghuni dengan kemampuan yang benar di ruangan yang tepat akan sangat membantu dan mempercepat menghasilkan produk dari ruangan tersebut. Misalnya penghuni dengan Strength (S) tinggi bekerja di ruangan penghasil listrik sementara penghuni dengan Agility (A) tinggi ditempatkan di ruangan penghasil makanan. Usahakan pula agar setiap penghuni bekerja dan tidak ada yang menganggur, karena penghuni yang bekerja akan meningkatkan kebahagiaan mereka.
3.      Pengendalian Jumlah Penghuni
Cara termudah untuk meningkatkan kebahagiaan para penghuni Vault adalah dengan memasang-masangkan mereka di ruang tidur. Bila mereka jatuh hati dan kemudian memutuskan untuk memiliki keturunan, maka tingkat kebahagiaan pasangan tersebut langsung meroket ke 100%. Peningkatan jumlah penghuni juga memiliki konsekuensinya sendiri. Anak yang lahir akan menambah kebutuhan air dan pangan. Kalau kapasitas produksi kedua kebutuhan pokok di Vault belum mumpuni, bisa terjadi kelaparan dan kehausan yang ujung-ujungnya malah membuat kebahagiaan seluruh penghuni Vault makin terpuruk. Begitu pula dengan orang luar yang ingin masuk sebagai penghuni Vault. Kalau merasa kapasitas produksi makanan dan minuman yang ada belum memadai, maka acuhkan kehadiran mereka yang berdiri di depan gerbang. Orang luar yang berdiri tersebut tidak akan memiliki dampak apa pun terhadap keberlangsungan hidup di Vault. Mereka tidak akan mati, pergi, atau mengganggu para penghuni. Apabila jumlah penghuni sudah terlanjur terlalu banyak dan Vault semakin terbebani, maka bisa dilakukan pengiriman beberapa penghuni untuk bertualang keluar dan mengurangi beban bungker. Para penghuni tersebut mungkin tidak akan bertahan lama dan kemudian mati, namun bisa membangkitkan mereka kembali dengan menukar sejumlah tutup botol nantinya.
4.      Ruang Penyimpanan Terbaik Adalah di Tangan Penghuni
Pada perjalanan permainan, akan mendapatkan senjata maupun pakaian yang berasal dari dalam kotak bekal atau hasil ekspedisi penghuni di luar sana. Pakaian maupun senjata yang didapatkan akan membutuhkan slot dalam inventori untuk disimpan, yang sayangnya berjumlah terbatas. Bisa saja menambah kapasitas ruang inventori dengan membangun gudang. Namun, fungsi gudang ini tidak lebih dari sekadar memberikan tambahan slot inventori tanpa memberikan dampak apa pun kepada para penghuni. Oleh karena itu, saat mendapatkan pakaian atau senjata, berikanlah pakaian pada penghuni sesuai di tempat dia bekerja dan senjata berikan kepada para penghuni dewasa untuk menghemat ruang inventori. Utamakan para pria dewasa, sebab para wanita yang sedang mengandung tidak akan bisa menggunakan senjata hingga mereka melahirkan. Dengan memberikan semua penghuni senjata, mereka dapat mempertahankan diri bila ada invasi RadRoach maupun para Raider.
5.      Kejar Achievement yang Memberikan Kotak Bekal
Kotak bekal adalah item berharga di dalam Fallout Shelter. Masing-masing kotak berisi sejumlah kartu yang dapat memberikan berbagai item yang sangat berguna, mulai dari tambahan tutup botol hingga menghadirkan penghuni langka dengan stat yang tinggi. Ada dua cara untuk mendapatkan kotak bekal. Cara pertama adalah dengan membeli IAP yang akan memberi kamu sejumlah kotak untuk dibuka. Cara kedua melibatkan pemenuhan berbagai misi yang akan memberikan kotak bekal bila diselesaikan.
6.      Pakaian dan Senjata Terkuat untuk Petualang dan Penjaga Gerbang
Petualang dan penjaga gerbang merupakan penghuni Vault yang sangat penting. Petualang adalah penghuni yang ditugaskan untuk berkelana di alam luar dan mendapatkan berbagai item. Penjaga gerbang adalah orang-orang yang akan ditugaskan untuk menghalau para monster maupun Raider yang menginvasi Vault. Adanya radiasi dan monster yang menghuni alam luar, sebaiknya membekali para petualang dengan jumlah StimPak dan Radaway maksimal selain memberikan pakaian dan senjata terbaik. Semakin baik perlengkapan maupun stat masnig-masing petualang, semakin lama mereka dapat bertahan hidup dan mendapatkan item langka. Penjaga gerbang adalah lapis kedua pertahanan Vault setelah gerbang masuk dihancurkan oleh monster maupun Raider yang menginvasi. Sebaiknya menempatkan mereka untuk bekerja di ruang yang terletak berdekatan dengan gerbang, sehingga mereka bisa datang ke gerbang sebelum pintu hancur.