Android Nougat

Pada tahun 2016 ini, Google telah mengeluarkan sistem  android terbarunya yang sering dikenal dengan kata “N” yaitu v7.0. Untuk android N, google masih belum memberi nama untuk “N” karena android N ini masih dalam tahap uji coba. Google sendiri membuat tradisi penamaan pada sistem operasi android selalu berurutan sesuai abjad dan selalu mengenai nama jajanan atau makanan. Lalu android N ini akan tetap menjadi Android Versi 7.0 hal ini belum tentu, mengingat sebelumnya Google pernah merilis banyak versi untuk android versi 4. Pemilihan nama versi terbaru android memakan waktu cukup panjang. Bahkan Google sempat minta tolong kepada para penggemar untuk membantu mencarikan nama makanan penutup bagi Android versi terbaru. Kamis (30/6/2016), Google secara resmi menggunakan nama "Nougat" untuk sistem operasi terbaru android N. Android Nougat dikenalkan Google melalui akun Snapchat dan akun Twitter.
Sebelumnya sebagian besar orang menduga 'N' adalah Nutella, produk selai cokelat populer di dunia. Bahkan dugaan ini semakin kuat setelah salah seorang petinggi Google pernah menyebutnya dalam kicauan di akun Twitter pribadi. Namun pada akhirnya Google memilih meninggalkan perusahaan makanan ringan. Langkah kerja sama pernah dilakukan Google dengan Nestle saat menamai android versi 4.4 KitKat. Kali ini Google memilih jenis makanan penutup yang umum.
Sambutan pada nama baru ini mengundang pro dan kontra di internet, tapi Google memang tak punya pilihan lain. Nougat merupakan jenis makanan penutup yang cukup populer di dunia dan kebetulan dimulai dengan huruf 'N'. Nougat bisa dikatakan masuk dalam kategori permen yang terbuat dari gula atau madu, kacang panggang (badam, kenari, pistachio atau hazelnut, namun bukan kacang tanah) dan beberapa buah kering. Nougat dapat berbentuk lunak atau keras tergantung bahan yang digunakan dan umumnya dipakai sebagai pengisi di dalam cokelat.
Sejak kemunculannya, android selalu menggunakan nama makanan penutup untuk memudahkan penyebutan versi. Dimulai dari Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0).
Sistem operasi terbaru milik Google ini telah banyak mengalami perubahan yang cukup signifikan dari generasi sebelumnya tentunya dari Marshmallow. Namun android N yang baru saja dirilis adalah versi Developer Preview. Update pertama yakni versi Developer Preview telah dirilis pada tanggal 17 Maret dan softwarenya telah tersedia bagi pengguna Smartphone Nexus 5X, Nexus 6P serta Nexus 9 LTE yang terdaftar sebagai Android Beta Program. Android N versi Developer Preview sendiri merupakan versi ujicoba dari software android N yang hanya dikhususkan untuk para developer. Jika terdaftar sebagai developer di Android Beta Program maka smartphone android telah memenuhi syarat, nanti akan mendapat update software versi terbaru.
Berikut ini adalah fitur – fitur yang terdapat pada android Nougat :
1.      Support Multi Windows secara langsung Multitasking
multitasking

Dengan adanya fitur Multi Window atau biasa yang disebut opsi dua layar. Para pengguna Android N dapat menampilkan dua atau lebih aplikasi secara bersamaan pada perangkat Android dengan lebih optimal tanpa harus meminimalkan program yang sedang berjalan, yang biasanya terdapat hanya pada smartphone high-end.

2.      Doze Mode
Masalah semua smartphone adalah baterai yang mudah habis, kemudian dikembangkanlah sistem Doze Mode atau bisa dikatakan penghemat baterai. Fitur ini sebenarnya sudah ada pada android berbasis Marshmallow, akan menghemat baterai saat layar smartphone telah dimatikan dengan cara mematikan segala aktivitas yang berjalan di background. Pada android Nougat, jika mengalami low bat maka secara otomats fitur ini akan aktif dan menghilangkan beberapa efek seperti di background program dan sebagainya. Fitur ini juga akan aktif jika langsung menon-aktifkan jaringan internet android.

3.      Membalas pesan di panel notifikasi secara langsung
Pada fitur yang ini menarik sekali karena jika ada notifikasi pesan seperti  pesan, inbox atau chatting masuk, langsung bisa dibalas hanya dengan mengklik notifikasi yang terdapat pada layar. Sehingga pengguna tidak perlu membuka aplikasinya. Fitur ini sebenarnya telah ada dalam versi Marshmallow, hanya dilakukan pengoptimalan menjadi lebih atraktif dan dinamis.

4.      Bundled Notifikasi
Bundled Notifikasi

Android Nougat menampilkan notifikasi dari aplikasi yang sama menjadi satu. Misalkan notifikasi yang muncul dari aplikasi facebook, messaging GMail, akan menjadi satu notifikasi dan bisa melihat lebih detail dari setiap notifikasi dengan cara swipe dengan dua jari, sehingga bisa melihat semua notifikasi messaging hanya dari satu notifikasi yang sudah tergabung tadi. Dan lebih menariknya lagi, hanya perlu membuka notifikasinya tanpa harus membuka aplikasinya.

5.      Pilihan Quick Setting yang baru
Pada Android versi Nougat ini cukup inovatif dalam menghadirkan fitur Quick Setting. Karena dengan adanya Android Nougat ini akan jadi lebih leluasa dalam tampilan User Interfacenya. Pada android Nougat ini bisa menyesuaikan beberapa aplikasi dalam satu kotak atau bisa disesuaikan dengan aplikasi yang sering dibuka. Saat menarik bar notifikasi, akan menemukan lebih banyak quick setting dan dapat memperluasnya lagi dengan menarik kembali bar notifikasi. Ada berbagai quick setting seperti Auto-rotasi, Jam, Baterai dan pilihan lainnya. Android ini juga bisa mengedit atau mengatur ulang pilihan quick setting di bar notifikasi.

6.      Virtual Reality
Teknologi Virtual Reality alias VR merupakan salah satu teknologi yang tengah naik daun saat ini. Pada andoird seri ini, juga disisipkan dukungan terhadap platform VR dengan meluncurkan platform VR bernama Google Daydream. Google ingin membangun sebuah eksistem teknologi VR yang keren dan menyenangkan.

7.      Dukungan Unicode 9 dan Emoji Baru
Telah terungkap pada saat acara Google I/O 2016, kejutan kecil akan menanti kita saat sudah berpindah ke Android Nougat dengan beberapa Emoji baru dan dukungan Unicode 9. Sekarang ada lebih dari 1.500 emoji yang berbeda dibangun ke Android, termasuk 72 yang baru,  Ini akan membuat gembira bagi orang yang suka memakai emoji sehingga bisa secara leluasa mengekspresikan diri.

8.      Sistem grafis Vulkan
Salah satu keunggulan Android Nougat adalah adopsi API grafis baru yang diberi nama  VulkanTM (lanjutan render 3D API). Teknologi ini biasanya bisa ditemukan di dunia PC Gaming, sehingga memaksimalkan game pada sistem kecepatan dan grafisnya.

9.      Seamless Updates (Update Yang Lebih Mulus)
Pada android nougat ini, dapat menginstal update sistem secara mulus. Hal ini dimaksudkan biasanya saat update diperlukan waktu untuk menunggu sampai proses update sistem selesai. Kemudian secara langsung mengoptimalkan semua aplikasi yang sudah diperbaharui.
10.  Boot langsung
Adanya sistem langsung Boot membantu startup perangkat android lebih cepat, dan aplikasi berjalan aman. Bahkan sebelum membuka kunci perangkat android bila perangkat direboot.

11. Tampilan Nightmode
Radiasi cahaya yang dipancarkan dari layar smartphone  kurang baik untuk kesehatan mata. Pada android Nougat, nightmode ini sudah tertanam langsung. Sehingga memungkinkan layar meredup secara otomatis saat digunakan sehingga mengurangi efek yang dapat merusak mata.

12. Enkripsi file

Android Nougat dapat lebih mengisolasi dan melindungi file untuk pengguna individu pada perangkat smartphone.