DNA

DNA (Deoxyribonucleid acid) merupakan sebuah molekul raksasa yang tersembunyi di dalam inti sel hidup.  Semua informasi tentang tubuh, dari warna rambut, bentuk hidung, bentuk mulut, tinggi badan, sampai struktur organ – organ tubuh internal, termasuk bentuk serta fungsi sel – sel terkodekan dalam bagian yang disebut gen dalam DNA ini.

        Molekul DNA terdiri atas milyaran pasang basa yang tersusun dalam bentuk rantai heliks. Setiap rantai selalu tersusun ata empat kode “huruf”, yaitu A (adenin), T (timin), G (guanin) dan S (sitosin). A berpasangan dengan T dan G berpasangan dengan S.

        Kode genetik manusia memiliki berat satu per 200 milyar gram dengan lebar satu per 500.000 milimeter. Walaupun sangat kecil ukuran DNA, tapi jika direnggangkan, panjangnya bisa mencapai tiga meter.

        Kazuo Murakami, ahli genetika asal Jepang mengilustrasikan terkait ukuran DNA ini, “Jika kita dapat mengiris sebuah kawat berdiameter satu milimeter secara memanjang menjadi satu per seratus bagian, akan dihasilkan helaian, tiap helaian tersebut masih tetap lima ribu kali lebih tebal dari sehelai DNA”. Bila dibayangkan,  jika kita dapat mengumpulkan semua DNA dari seluruh populasi manusia yang berjumlah enam milyar. Kumpulan DNA tersebut hanya akan menjadi seberat satu butir beras.