galaksi sombrero

Galaksi Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Virgo. M104 adalah galaksi utama dalam kelompok galaksi M104. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero. Ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kemungkinan besar oleh Pierre Méchain, yang menyebutnya sebagai penemuan pada sebuah surat tertanggal 6 Mei 1783. Secara terpisah M104 juga ditemukan olehWilliam Herschel pada 9 Mei 1784.

The Sombrero Galaxy (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah unbarred galaksi spiral di konstelasi Virgo. Memiliki inti terang, luar biasa besar tonjolan pusat, dan debu terkemuka cenderung jalan dalam disk. Jalur debu yang gelap dan tonjolan memberikan galaksi ini penampilan sebuah sombrero. Galaksi memiliki magnitudo tampak dari 9,0, sehingga mudah terlihat dengan teleskop amatir. Tonjolan besar, pusat lubang hitam supermasif, dan debu jalan semua menarik perhatian para astronom profesional.

Galaksi Sombrero, yang meliputi daerah sekitar 50.000 tahun cahaya dan terletak pada 28 juta tahun cahaya jarak jauhnya dari bumi. M104 bisa dilihat dengan teleskop kecil di arah konstelasi Virgo. Galaksi ini mempunyai jari-jari sekitar 600.000 tahun cahaya. Dan di bagian tengahnya,terdapat miliaran bintang-bintang tua yang membuat galaksi ini terlihat sangat besar. Di bagian cakram galaksi,terdapat pula gas dan awan debu. Menurut informasi hasil pencitraan inframerah dan sinar x, bintang-bintang tersebut terletak di dalam galaksi dan sangat jarang bintang-bintang tersebut berada di cakram luar galaksi.