pigment hitam
Karbon hitam terdiri dari partikel-partikel halus yang terutama terdiri dari karbon. Berbagai fitur karbon hitam dikendalikan di produksi oleh sebagian pembakaran minyak atau gas. Karbon hitam secara luas digunakan dalam berbagai aplikasi dari pigment warna hitam tinta koran ke agen konduktif listrik tinggi-teknologi bahan.

Pertama kali penggunaan pigment hitam berasal dari jelaga, yang mirip dengan karbon hitam, digunakan untuk menulis surat pada papirus di Mesir kuno dan pada potongan bambu di Cina kuno. Produksi karbon hitam menjadi jenis industri rumahan tentang waktu ketika metode produksi kertas didirikan di abad kedua. Ini kemudian menjadi banyak digunakan di industri setelah itu diproduksi dengan proses saluran pada tahun 1892 dan dengan metode minyak bakar pada tahun 1947.

Sejumlah besar karbon hitam digunakan terutama di ban sebagai penguat karet sangat baik. Karbon hitam juga merupakan zat pewarna baik sebagai pigment hitam, dan karena itu banyak digunakan untuk tinta cetak, pewarna resin, cat, dan toner. Selain itu, karbon hitam digunakan dalam berbagai aplikasi lain sebagai agen konduktif listrik, termasuk film antistatik, serat, dan disket. Pigment ini tahan pengaruh oksidasi Linseed oil dan memperlambat pengeringan film. Pigment hitam ini tidak boleh dipakai untuk kontak langsung dengan baja dan besi (harus pakai cat dasar) karena zat ini merangsang korosi metal.

Pigmen hitam banyak terdapat dalam formula cat yang digunakan untuk menyesuaikan tingkat terang – gelap dari warna film cat.
1. Black Iron Oxide
Adalah pigmen sintetik dengan daya warna yang rendah, umumnya digunakan sebagai pewarna pada dempul, primer dan cat dasar (undercoat). Pigmen ini menjadi merah dengan pemanasan, tetapi memiliki daya tahan yang baik terhadap bahan kimia.
2. Carbon Blacks
Adalah pigmen yang dibuat dengan cara reaksi karbonisasi dari material hidrokarbon. Sifat propertinya bervariasi tergantung dari sumber karbon dan pengotor yang ada. Karbon yang lebih murni menghasilkan tekstur yang lebih halus, warna dan daya tutup yang lebih baik dari pada karbon dengan kemurnian yang lebih rendah.
Carbon black tahan terhadap sinar matahari, tidak larut dalam asam dan basa, dan tahan terhadap solven. Memberikan daya tutup yang baik, bahkan pada jumlah yang rendah. Carbon black adalah pigmen yang umum digunakan dalam formula cat.



9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.