Salsabila-Ravina.blogspot.com

Konsep Edward Deming


Dr. W. Edward Deming (1900-1993) merupakan tokoh kualitas yang telah turut memberikan warna tersendiri pada perkembangan manajemen kualitas. Kalau Joseph M. Juran mendefinisikan kualitas sebagai “ketepatan dan kesesuaian dalam pemakaian”, Philip Crosby sebagai “kepuasan pelanggan”, Deming mendefinisikannya sebagai “kesesuaian dengan permintaan pelanggan”.
PDCA

Empat belas poin Edward Deming yang kesohor di seluruh dunia itu adalah:
Empat belas poin Edward Deming yang kesohor di seluruh dunia itu adalah:
1. Membuat misi perusahaan dan komitmen terhadapnya.
2. Pelajari dan terapkan pilosofi baru.
3. Pahami tujuan pemeriksaan. Hilangkan mass inspection dengan menggunakan statistik.
4. Akhiri praktek bisnis yang dikendalikan oleh biaya.
5. Perbaiki sistem produksi dan layanan servis secara konstan.
6. Pelatihan karyawan dengan metode yang moderen.
7. Mengajar dan menanamkan kepemimpinan. Tanggungjawab para manajer dan supervisor harus diubah: dari pencapaian target berupa angka-angka belaka (kuantitas) ke kualitas.
8. Mengusir ketakutan dan menciptakan kepercayaan.
9. Mengoptimalkan tim dan usaha setiap individu. Menghilangkan barrier (penghalang) antar bagian dan staf di semua area. Bangun komunikasi yang baik dan efektif.
10. Menghilangkan desakan sebagai kekuatan bekerja. Hapuskan penggunaan slogan, semboyan, poster dan desakan sebagai kekuatan bekerja, menuntut hasil sempurna (tanpa defect), dan peningkatan level produktivitas tanpa menyediakan metode.
11. Hilangkan kuota angka-angka dan tujuan dalam manajemen. Gantikan dengan peningkatan mutu dan produktivitas berkesinambungan.
12. Hapuskan barrier antara perkerja dan buat mereka untuk berbangga atas hasil pekerjaanya.
13. Mendorong pendidikan dan pelatihan karyawan untuk mereka dapat mengetahui dan mengiukuti tren kemanjuan dan perkembangan.
14. Komitmen manajemen puncak (top management) dalam memenuhi hal-hal tersebut.

Kata banyak orang terkadang sebuah teori penemuan hanyalah kumpulan beberapa lembar kajian teoritis yang rumit dan sulit diterapkan di lapangan pekerjaan yang sesungguhnya. Namun berbeda dengan teori temuan Dr. W. Edward Deming. Gagasannya yang cerdas telah membawa perubahan sudut pandang dan paradigma dunia akan pentingnya manajemen kualitas.
Banyak perusahaan besar yang terbukti sukses dengan mempelajari dan menerapkan konsep pemikirannya tentang manajemen kualitas yang sangat lengkap dan berkesinambungan mulai dari – Plan (perencanaan)- Do(pelaksanaan)- Check (pengecekan) dan Action.


0 comments on Konsep Edward Deming :

Post a Comment

Berikan pendapat ---> penambah informasi

  • Share
  • GADGET