Dr.
W. Edward Deming (1900-1993) merupakan tokoh kualitas yang telah turut
memberikan warna tersendiri pada perkembangan manajemen kualitas. Kalau Joseph
M. Juran mendefinisikan kualitas sebagai “ketepatan dan kesesuaian dalam
pemakaian”, Philip Crosby sebagai “kepuasan pelanggan”, Deming
mendefinisikannya sebagai “kesesuaian dengan permintaan pelanggan”.
Empat belas poin Edward Deming
yang kesohor di seluruh dunia itu adalah:
Empat belas poin Edward Deming
yang kesohor di seluruh dunia itu adalah:
1. Membuat misi perusahaan dan
komitmen terhadapnya.
2. Pelajari dan terapkan pilosofi
baru.
3. Pahami tujuan pemeriksaan.
Hilangkan mass inspection dengan menggunakan statistik.
4. Akhiri praktek bisnis yang
dikendalikan oleh biaya.
5. Perbaiki sistem produksi dan
layanan servis secara konstan.
6. Pelatihan karyawan dengan
metode yang moderen.
7. Mengajar dan menanamkan
kepemimpinan. Tanggungjawab para manajer dan supervisor harus diubah: dari pencapaian
target berupa angka-angka belaka (kuantitas) ke kualitas.
8. Mengusir ketakutan dan
menciptakan kepercayaan.
9. Mengoptimalkan tim dan usaha
setiap individu. Menghilangkan barrier (penghalang) antar bagian dan staf
di semua area. Bangun komunikasi yang baik dan efektif.
10. Menghilangkan desakan sebagai
kekuatan bekerja. Hapuskan penggunaan slogan, semboyan, poster dan desakan
sebagai kekuatan bekerja, menuntut hasil sempurna (tanpa defect), dan peningkatan level
produktivitas tanpa menyediakan metode.
11. Hilangkan kuota angka-angka
dan tujuan dalam manajemen. Gantikan dengan peningkatan mutu dan produktivitas
berkesinambungan.
12. Hapuskan barrier antara perkerja dan buat mereka
untuk berbangga atas hasil pekerjaanya.
13. Mendorong pendidikan dan pelatihan
karyawan untuk mereka dapat mengetahui dan mengiukuti tren kemanjuan dan
perkembangan.
14. Komitmen manajemen puncak (top
management) dalam
memenuhi hal-hal tersebut.
Kata banyak orang terkadang sebuah teori penemuan hanyalah kumpulan
beberapa lembar kajian teoritis yang rumit dan sulit diterapkan di lapangan
pekerjaan yang sesungguhnya. Namun berbeda dengan teori temuan Dr. W. Edward
Deming. Gagasannya yang cerdas telah membawa perubahan sudut pandang dan
paradigma dunia akan pentingnya manajemen kualitas.
Banyak perusahaan besar yang
terbukti sukses dengan mempelajari dan menerapkan konsep pemikirannya tentang
manajemen kualitas yang sangat lengkap dan berkesinambungan mulai dari – Plan (perencanaan)- Do(pelaksanaan)- Check (pengecekan) dan Action.
COMMENTS