jeruk nipis
Di antara 1300 jenis jeruk, banyak manfaat yang bisa diambil dari jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah termasuk jenis citrus Geruk. Pohon jeruk nipis mempunyai banyak ranting dan dahan, dan termasuk jenis kayu yang keras, berwarna coklat.  Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak atsiri.

Selain itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat buah ini pantas dipakai dalam ramuan awet muda. Berbagai penelitian membuktikan bahwa Vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya, merupakan salah satu antioksidan yang dapat menangkal terjadinya keriput atau kulit kusam juga menjadi kulit putih dan halus. Cara pemanfaatan buah ini relatif mudah. Cukup dengan mengoleskan bagian dalam buah yang sudah dibelah ke kulit muka atau menggunakannya sebagai campuran masker, namun ingat jangan lakukan setiap hari, cukup lakukan teratur seminggu sekali saja, karena jika dilakukan setiap hari, membuat kulit menjadi kering dan mudah keriput di usia senja.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk merawat wajah. Usapkan perasan jeruk nipis pada wajah anda dan diamkan sebentar, lalu bilas dengan air bersih. Cara tersebut dapat membuat kulit wajah anda bersih, putih, halus, dan mengecilkan pori-pori, dapat mencegah timbul jerawat. Jika anda menginginkan kulit wajah anda kenyal dan bersih, anda dapat menggunakan campuran putih telur dan perasan jeruk nipis.  Caranya oleskan campuran putih telur dan jeruk nipis dan diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air hangat

Jeruk nipis untuk melangsingkan perut, campurkan sedikit perasan jeruk nipis dengan air, dan dapat anda tambahkan gula secukupnya.  Minum larutan tersebut setiap malam hari, maka perut anda akan sedikit ramping,  namun anda juga harus memperhatikan jumlah asupan makanan yang anda konsumsi.  Biasakan makan dan minum yang sehat dan sesuai kebutuhan tubuh.

Rasa jeruk nipis yang masam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok. Di Indonesia jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti disentri,  sembelit, ambeien,  haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung.




9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.