HP baru


Setelah membuka box HP Android baru dan menyalakannya, mungkin bingung harus melakukan apa dulu. Apa saja yang harus dicek, aplikasi apa saja yang harus di-download pertama kali, dan sebagainya. Sehingga hanya akan mengutak - atik secara acak dan tidak jelas. Mungkin perlu ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan setelah membeli HP Android baru.

1. Cek Kelengkapan Smartphone
Ketika membeli ponsel baru, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka boks dan perhatikan semua benda di dalamnya. Jangan dulu terpaku pada smartphone-nya. Pastikan melihat benda-benda seperti kartu garansi, kabel data dan kepala charger.  Cek juga aksesoris tambahan lain seperti headset, kabel USB OTG, dan sebagainya. Intinya, harus tahu bahwa semua kelengkapan ada di dalam kotak smartphone yang baru saja dibeli.

2. Lihat baik-baik perangkat Android
Pastikan smartphone Android yang baru dibeli itu dalam kondisi baik dan tak ada yang rusak. Namun, penting juga untuk membuka semua bungkusan plastik untuk memastikan bahwa tidak ada bodi yang lecet. Jangan lupa untuk melihat bagian lensa kamera dan buka tutup pelindungnya agar hasil foto menjadi jernih.

3. Pastikan daya baterai bisa diisi
Coba untuk menghubungkan charger dengan sumber listik dan pastikan bahwa daya ponsel benar-benar bisa terisi dengan baik. Sebaiknya lakukan siklus charging yang baik, yaitu :
a. Charge sampai penuh (tanpa terputus).
b. Pakai ponsel sampai baterai habis(tanpa pengisian singkat).
c. Charge lagi baterai ponsel sampai penuh (tanpa terputus).
Beberapa pihak menyarankan menyatakan bahwa pengisian pertama (langkah a) sebaiknya dilakukan cukup lama (lebih dari 6 jam). Hal ini tidak ada salahnya dilakukan, hanya saja, berdasarkan pengalaman, tidak terlalu berpengaruh.
Catatan: setelah beberapa bulan, lakukan kembali siklus pengisian baterai seperti yang tertulis di atas untuk menjaga keawetan baterai dan kalibrasi status baterai.

4. Sambungkan ke internet dengan Wi-Fi
Jika sudah memiliki sebuah Android baru, jangan lupa untuk mengecek apakah koneksi  internet dan Wi-Fi berjalan dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengaktifkan internet koneksi Wi-Fi agar data Anda tak terlalu boros, sehingga lebih leluasa mengutak-atik smartphone Android baru tanpa khawatir kehabisan pulsa. Sebab, koneksi internet memang sangat penting bagi sebuah smartphone Android. Tanpa koneksi internet, HP Android baru hanya akan mampu menjalankan fungsi seperti HP biasa.

5. Cek keaslian smartphone android yang dibeli
Saat ini, banyak sekali beredar HP Android baru dengan status refurbished, replika, dan supercopy. Supaya tidak menyesal setelah beli HP Android murah tapi ternyata palsu, sebaiknya cek dulu keaslian smartphone Androidnya.

6. Cek kemampuan dan kinerja smartphone
Sebelum mengutak-atik lebih jauh, cek dulu kemampuan dan kinerja HP Android baru dari segi CPU (prosesor), RAM (memori), GPU (grafis), tampilan layar, serta sensor-sensor yang tertanam di dalamnya. Bisa melakukan tes pada HP Android dengan menggunakan sejumlah aplikasi yang ada.

7. Cek pembaruan sistem operasi
Jika memiliki Android baru, pastikan untuk selalu meng-update sistem operasinya ke versi terbaru. Dengan melakukan pembaruan sistem dan upgrade Android ke versi terbaru, performa HP Android pasti akan jauh lebih optimal dan maksimal.

8. Log in ke akun Google
Jika Anda berencana menggunakan layanan Google dan Google Play pada perangkat Android, terlebih dahulu harus log in ke akun Google.

9. Perbarui seluruh aplikasi ke versi terbaru
Dalam sebuah ponsel Android biasanya sudah ter-install beberapa aplikasi. Begitu  mengaktifkan smartphone, jangan lupa untuk memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Hal ini dimaksudkan agar kinerja ponsel jadi lebih cepat dan optimal.

10. Jangan lupa lihat seluruh pengaturan
Ada banyak hal yang bisa diatur pada Android baru, seperti pengaturan suara, volume, screen,  timeout, tingkat kecerahan layar, hingga keamanan kunci. Atur semuanya sesuai dengan keinginan dan kenyamanan.

11. Sign in ke akun media sosial
Jika merupakan pengguna aplikasi Facebook, Twitter, Pinterest dan lain-lain, cobalah untuk melakukan log in melalui smartphone. Sama halnya jika menggunakan smartphone Samsung atau Sony, Xiaomi, coba untuk masuk ke akun masing – masing aplikasi.

12. Beri pelindung bagi smartphone
Perlindungan yang paling penting untuk sebuah smartphone adalah pada bagian layar dan bodi smartphone. Walaupun HP Android baru diklaim memiliki layar tahan gores dan body tahan banting, tidak ada salahnya jika memberikan proteksi lebih untuk smartphone Android. Gunakanlah anti gores berjenis tempered glass untuk layar, serta armor case untuk bodi smartphone. Dengan begini, HP Android baru pasti terhindar dari berbagai kerusakan fisik akibat benturan.