rumput mutiara
Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa [L.] Lamk, Oldenlandia corymbosa L.) dengan nama daerah rumput wijen, rumput siku – siku, lidah ular, daun mutiara ataupun shui xian cao (Cina). Tanaman herbal ini bagian yang digunakan untuk pengobatan dari semua bagian baik kondisi segar ataupun kering. Rumput mutiara ini mengandung iridoidglikosida, alizarin, krorogenin, dan antragaol.
        Rumput mutiara masuk ke meridian limpa, paru, dan ginjal. Rumput mutiara memiliki efek antiradang, karminatif,  diuretik, menghilangkan racun, dan memperlancar peredaran darah. Informasi lainnya, rumput mutiara juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh.
        Rumput mutiara berkhasiat menurunkan demam, membantu pengobatan penyakit lever dan hepatitis, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Rumput mutiara juga diindasikan untuk pengobatan kanker lambung, serviks, payudara, rektum, nasofaring, limforsarkoma, dan fibrosarkoma. Rumput mutiara juga digunakan untuk pengobatan amandel, faringitis, bronkhitis, pneumonia, gondongan, radang usus buntu, koleesistir, radang panggul, infeksi saluran kemih, sumbatan dari saluran sperma, malaria, bisul, dan borok.