dotA


Defense of the Ancients (atau disingkat DotA) adalah sebuah custom map (peta buatan) untuk permainan komputer buatan Blizzard berjudul Warcraft III:Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan map "Aeon of Strife" dari permainan Blizzard lainnya, StarCraft. Namun demikian, game aslinya dan peta/map DotA custom punya beberapa kemiripan, misalnya pemakaian karakter Warcraft yg telah dimodifikasi, adaptasi dari mantra/spells Warcraft semacam Heal, dan benda / item semacam Boots of Speed (Sepatu Boot kecepatan).

Pada awalnya set dotA itu buatan gamers yang kecanduan warcraft 3. dotA dibuat oleh Eul, Eul itu hanya nickname. Map dotA yang pertamakali dibuat Eul adalah map 0.95, hanya saja Eul berhenti membuat map dotA, meskipun dotA disambut antusias terutama gamers amerika.
dotA versi Eul
 Kemudian pembuatan map dotA diteruskan oleh Guinsoo. Guinsoo melakukan beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, Item. Pada masa tersebut muncul 2 item baru yaitu guinsoo schyte dan eul scepter of divinity (kedua nama item ini disamakan dengan nama pembuat mapnya). 


dotA versi Guinsoo


Final work dari Guinsoo itu map dotA allstars 5.84b. Map legendaris ini masanya pakai lebih dari 6 bulan. Map yang penuh dengan bug, imbalance dan loading yang sangat lama. Map ini merupakan generasi terakhir dari map yang punya waktu loading yang terlalu lama (rata-rata loading timenya sekitar 30 menit). kemudian seorang dari rusia bernama True.rus merombak map 5.84b dan mengubah namanya 5.84c. Kedua map ini hampir identik, perbedaannya adalah waktu loading time yang dipersingkat oleh True.rus menjadi sekitar 5 menit. Setelah 5.84c praktis dotA allstars berhenti. Tidak ada hal yang baru, karena baik Guinsoo maupun True.rus tidak melanjutkan project mereka ( Guinsoo sempat mengeluarkan dotA 6.01). 
Meskipun demikian, ada beberapa hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat mengubah jalannya permainan secara signifikan dengan sendirian. Perbedaan popularitas blizzard saja kalah kalau popularitas dotA yang melebihi permainan warcraft mereka sendiri, sehingga telah memasuk hall of fame battlenet blizzard. dotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen dunia, seperti blizzard's blizzCon convention pada tahun 2005, world cyber games 2005, 2006 di Malaysia & Singapore, dan world cyber games asian championships 2006. di Filipina dan beberapa negara dotA telah mengambil alih popularitas counter-strike sebagai permainan yang paling sering dimainkan.


dotA versi Icefrog


Kemudian seorang bernama Icefrog muncul (here came the man). Pada masa Icefrog dotA terus berkembang hingga versi sekarang 6.43b. Cara bermain permainan fokus dengan strategi dan kerjasama team, dan bisa dimainkan sampai 10 orang bersama, dan dibagi jadi 2 kelompok sentinel, dan scourge. Markas tim sentinel ada di pojok kiri bawah sementara tim scourge di pojok kanan atas peta. Masing-masing markas dilindungi oleh tower dan unit-unit yang dikontrol oleh AI. Pada pusat markas tim, terdapat "ancient," yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh tiap tim. bila ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu kalah dan permainan selesai. Setiap pemain mengontrol unit yang disebut hero. Dalam allstars, total hero yang dapat dipilih mencapai 90 hero lebih, dan tiap hero memiliki abilities unik yang berbeda satu sama lainnya. Game ini sangat berorientasi pada kerjasama kelompok. 


dotA Allstars



Tujuan utama permainan ini adalah untuk menghancurkan "Ancient" musuh, sebuah struktur yang dijaga ketat di pojok kiri bawah atau kanan atas (yang satu untuk sisi sendiri dan yang satu lagi untuk sisi musuh). Kedua sisi yang bertarung adalah The Sentinel (pasukan penjaga) dan The Scourge (pasukan pembinasa). The Sentinel menjaga Ancient bernamaTree of the World (pohon dunia) di pojok kiri bawah, sedangkan The Scourge menjaga Ancient bernama Frozen Throne (tahta yang membeku) di pojok kanan atas.
Untuk peta/map DotA, dua markas/base di set di dua sudut berlawanan dari peta/map. Di masing- masing markas/base terdapat satu bangunan sentral yang dikenal sebagai Ancient, dari mana peta/map memperoleh namanya. Ancient yang dipakai untuk masing- masing tim biasanya The Frozen Throne/World Tree (dalam variasi- variasi Classic, Allstars); dan Town Center normal untuk masing- masing tim (dalam variasi Outland). Tiga jalur/lanes menghubungkan kedua markas/base. Sebuah sungai berjalan diagonal di tengah peta/map, tegak lurus/ perpendicular ke tiga jalur/ lines, masing- masing tim punya sejumlah menara/ tower pertahanan di masing- masing jalur/ lanes, yang diletakkan di sisi sungai bagian mereka.
Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut "hero" (pahlawan), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah- petarung (creep) yang dikontrol oleh AI. Seperti dalam permainan peran (RPG), pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas untuk membeli perlengkapan selama permainan.
Jadi gameplay dari game ini adalah pemain diharuskan untuk mempertahankan wilayahnya dan menyerang wilayah milik pemain lain. Dan akan ada sekitar 90 hero yang dapat dipilih oleh pemain. Setiap hero akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Dalam permainan, dapat bertempur secara One by One ataupun secara Team. Taktik dan strategi sangat diperlukan dalam permainan ini, pemilihan kombinasi item dan hero yang salah juga bisa menyebabkan kegagalan pada team.

Tim- tim terdiri atas maksimal 5 pemain, masing- masing mengkontrol satu hero, dan satu komputer yg mengkontrol creeps. Variasi standar tidak men-support kecerdasan artifisial (artificial intelligence/AI) untuk hero yang dikontrol komputer. Satu variasi yang dikenal sebagai DotA Mercenaries mengizinkan lebih banyak pemain yang dikontrol komputer, dan biasa dipakai untuk kegunaan latihan/practice atau waktu tidak ada pemain manusia lainnya yang bisa main. Beberapa developer memunculkan versi tes dari peta/map DotA dengan pemain AI yang mempunyai skill/ kemampuan bervariasi. Yang terbaru merupakan Cloud_str yang menciptakan dota allstars 6.27b AI.

Markas/base lawan memproduksi troops, yang dikenal sebagai creeps, setiap 30 detik, dimulai dari 1 menit 30 detik. Creeps diproduksi dalam set (yang juga dikenal dengan waves atau spawns) yang terdiri dari sejumlah unit tawuran dan satu unit terlatih, dan menjalur kebawah menuju tiga jalur/lanes yang tersedia di peta/map menuju markas/base lawan. Seiring dengan perjalanan permainan, jumlah creeps bertambah, demikian juga hit points dan damage mereka. Creeps untuk Scourge terdiri dari Ghouls dan Neuromancers, sedangkan creeps untuk Sentinel terdiri dari Treants dan satu Druid of the Talon. Saat creeps berjalan di jalur/lanes mereka akan bertempur dengan creeps, heroes atau menara/tower lawan yang mereka jumpai. Menara/tower memiliki daya tembak/firepower lebih baik dibanding creeps, jadi akan sangat sulit untuk creeps untuk melewati menara/tower tanpa bantuan dari seorang hero.

Variasi tertentu DotA (misalnya Allstars dan Mercenaries) memiliki Runes di sungai yang bisa diambil oleh hero untuk memperoleh bonus untuk waktu yang singkat (misalnya Double Damage, Regeneration, Haste, Illusion dan Invisibility), sedangkan variasi lainnya memiliki kegunaan Rune yg berbeda (misalnya aktivasi Challenge di Outland).

Tanpa pengaruh dari hero, permainan tidak akan bisa dimenangkan dengan cepat oleh kedua tim. Creeps akan bertempur masing- masing dan setelah itu mengorbankan diri mereka sendiri dengan serangan sia- sia ke menara/tower. Namun demikian, di latihan/practice, biasanya akan ada ketidakseimbangan kekuatan seiring waktu karena peletakan tertentu dari menara/tower, jalur/lane creeps, dan variable lain (karena perbedaan tipis dari sejumlah variasi, keuntungan akan bervariasi). Namun demikian, ketidakseimbangan ini begitu tipis sehingga kemunculan satu hero saja untuk jumlah waktu tertentu bisa meniadakan keuntungan itu.