reaksi nitrasi

Reaksi nitrasi adalah penggabungan satu atau lebih gugus nitro (-NO2) yang terikat pada karbon sebagai senyawa nitroaromatik atau nitroparafin. Dan juga bisa pada oksigen sebagai senyawa nitrat ester maupun pada nitrogen sebagai senyawa nitramina. Proses reaksi sebagai subtitusi atom hidrogen, reaksi nitrasi juga bisa berlangsung dengan subtitusi atom atau gugus lain seperti, halida, sulfonat dan asetil.

Reaksi nitrasi adalah salah satu reaksi yang penting dalam industri sintesa bahan organik. Garis besar penggunaannya adalah bahan pelarut (solvent), pewarna, farmasi, peledak, maupun bahan antara untuk produk lebih lanjut.

Reagen yang dapat digunakan dalam reaksi nitrasi yaitu asam nitrat pekat, maupun campuran asam nitrat dengan asam sulfat, asetat anhydrid, asam asetat, asam fosfat, atau khloroform, bisa juga sebagai senyawa nitrogen pentoksida, maupun nitrogen tetroksida.

Reaksi nitrasi ini menggunakan ion nitril (NO2+) yang biasanya terbentuk dari campuran asam nitrat dan asam sulfat pekat dengan  faktor van’t Hoff i=4 (jumlah molekul yang dihasilkan dari satu molekul sumbernya). Sedangkan bila berasal dari etil nitrat, nitrogen pentoksida dan nitrogen titroksida, mempunyai faktir i yang lebih tinggi.
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.