metana

Senyawa alkana bersifat kurang reaktif. Pada suhu kamar, alkana tidak bereaksi dengan asam dan basa kuat, tidak teroksidasi maupun tereduksi oleh zat pengoksid dan pereduksi biasa. Namun secara umum ada tiga reaksi yang khas terjadi untuk senyawa alkana, yaitu :

Pembakaran
Semua alkana terbakar oleh adanya oksigen berlebihan, menghasilkan CO2 dan H2O sebagai hasil akhir.
Seperti contoh :
pembakaran alkana


∆H0, panas reaksi, adalah panas yang harus ditambahkan untuk mengubah satu mol suatu reaktan menghasilkan produk pada 00C; 1 atm dan konsentrasi 1 mol per liter. ∆H0 mempunyai nilai negatif bila panas dilepaskan (dikeluarkan).

Jika oksigen tidak cukup untuk pembakaran, alkana akan terbakar tidak sempurna menghasilkan karbon monoksida dan unsur karbon (arang).

Halogenasi
Reaksi halogenasi adalah reaksi melibatkan senyawa karbon dengan unsur halogen. Reaksi ini juga merupakan reaksi oksidasi, karena penggantian atau subtitusi atom hidrogen yang kurang elektronegatif oleh halogen yang lebih elektronegatif menurunkan kerapatan elektron pada atom.
halogenasi alkana
Reaksi yang berlangsung terjadi pada kecepatan lambat pada suhu kamar, akan tetapi sangat cepat bila campuran reaksi dipanaskan atau dengan adanya cahaya. Sehingga persamaan reaksi perlu dituliskan kondisi khusus, cahaya atau hv atau panas (simbol D).

Sebagai contoh produk klorometana dapat bereaksi lebih lanjut menjadi klorinasi sempurna.
klorometana

Brom bereaksi dengan cara yang sama, namun kurang sereaktif klor, iod tidak bereaksi, flour sangat reaktif shingga menghasilkan produk florinasi sempurna CF4.

Reaksi umum :
reaksi halogenasi

Nitrasi
Reaksi alkana dengan uap asam nitrat pada suhu 400 ~ 500 0C menghasilkan nitroalkana. Reaksi nitrasi ini juga adalah suatu proses oksidasi (gugus nitro adalah penarik elektron).

reaksi nitrasi
Secara industri, proses ini dilaksanakan karena produknya luas digunakan sebagai pelarut dan bahan dasar untuk pembuatan obat, bahan peledak dan insektisida.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.