pantai tanjung tinggi
Pulau belitung menyimpan banyak keindahan dan keasrian pantai yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya di Indonesia. Salah satu pantai tersebut adalah pantai tanjung tinggi. Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai pasir putih, terletak di Kecamatan Sijuk, sekitar 31 km dari Tanjung Pandan, Ibu kota Kabupaten Belitung, dan meliputi area seluas kurang lebih 80 hektar. Pasir putih dan air laut yang jernih dengan warna biru kehijau-hijauan yang dimiliki pantai ini, membuatnya tampak bersih dan semakin menambah pesonannya.
view tanjung tinggi
Pantai ini memiliki lebar 5 m pada saat pasang tertinggi dan 8 m pada saat pasang terendah, berbentuk teluk kecil, serta memiliki panjang kurang lebih 100 m.  Lebar pantai seperti ini, dan dengan ombak yang tidak terlalu besar, sangat memungkinkan wisatawan untuk leluasa berenang di pantai. Namun, wisatawan harus berhati-hati, karena terkadang ada ubur-ubur yang dapat menyengat para wisatawan. Selain itu wisatawan dapat melihat Pulau Lengkuas lengkap dengan mercusuarnya di kejauhan.
bebatuan pantai tanjung tinggi
Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu obyek wisata populer di Belitung, terlebih setelah pantai ini dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008.  Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Keistimewaan dari Pantai Tanjung Tinggi adalah batu-batu karangnya yang besar. Batu-batu karang ini, beraneka ragam ukurannya, dari yang hanya beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik. Wisatawan dapat mencoba naik ke atas batu-batu karang ini, berpindah dari satu batu ke batu yang lain, untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda-beda dari tiap sudut tempat wisatawan berdiri. Bentuk batu-batu besar ini pun tak kalah unik, sebagian di antaranya ada yang membentuk gua yang dapat digunakan untuk berteduh jika hujan tiba. Di atas batu-batu karang yang besar, wisatawan dapat duduk-duduk santai, seraya menunggu matahari terbenam. Saat matahari mulai terbenam, Pantai Tanjung Tinggi akan memancarkan pesona kecantikannya yang luar biasa.
pasir pantai tanjung tinggi



 Wisatawan dapat memancing, bermain jet ski, dan menyelam. Wisatawan yang mencoba menyelam di pantai ini, akan menemukan terumbu karang dengan beragam bentuk dan warnanya. Di sela-sela terumbu karang, wisatawan dapat melihat berbagai jenis ikan unik, yang menjadikan terumbu karang ini sebagai rumahnya.

Lelah bermain di pantai dan merasa lapar, wisatawan dapat menyambangi warung-warung makan di pinggir pantai. Di sini, isatawan dapat menikmati beragam makanan laut, hasil olahan penduduk sekitar Pantai Tanjung Tinggi. Salah satu masakan khas Belitung yang dapat dinikmati di pantai ini adalah Gangan. Gangan merupakan sejenis sayur berwarna kuning (karena menggunakan kunyit sebagai bumbu utama), yang dimasak bersama kepala ikan. Masakan ini memiliki rasa asam dan pedas, yang didapat dari nanas muda yang dimasak bersama kepala ikan. Selain Gangan, wisatawan juga dapat memesakan masakan khas lainnya seperti cumi pedas manis, ataupun ikan panggang Ilak.

Jika ingin menginap, wisatawan juga tidak perlu khawatir. Di sekitar pantai ini, terdapat beragam jenis hotel. Mulai dari butik hotel hingga penginapan-penginapan murah untuk para  backpacker.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.