lengkuas

Pulau lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar yang masih beroperasi sampai sekarang, mercusuar ini dibangun oleh belanda pada tahun 1882, mercusuar ini kurang lebih sama setara dengan bangunan setinggi 12 lantai, yaitu sekitar 50 meter. Setiap penggunjung yang berkunjung ke pulau ini boleh naik ke puncak mercusuar untuk melihat pemandangan dari puncak mercusuar. Pengunjung harus mencuci kaki dengan air tawar terlebih dahulu sebelum memasuki bangunan mercusuar yang berkonstruksi baja, karena air laut dapat menyebabkan karat pada bangunan.

lengkuas island
Luas total pulau lengkuas kurang dari satu hektar. Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2 m. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Air lautnya benar-benar jernih, anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain di air laut atau snorkling.


pantai lengkuas
Jika ingin ke pulau Lengkuas bisa dicapai dengan menyewa perahu dari Tanjung Binga atau tanjung kelayang Harga sewa kira-kira Rp 400 ribu untuk sekali perjalanan yang biasanya menghabiskan waktu setengah hari. pengunjung dapat menyewa perahu motor secara borongan. Artinya berapapun orang yang ikut, ongkos sewanya tetap sama yaitu Rp 400 ribu. Satu perahu bisa memuat 10-15 orang. Desa Tanjung Binga berjarak sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan dan dapat dicapai dalam waktu 20 menit.


Lama perjalanan dari pantai di Belitung ke Lengkuas hanya kira-kira 30-45 menit. Perahu yang kita sewa ini merupakan perahu nelayan yang biasanya digunakan untuk mencari ikan pada malam hari. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Lengkuas adalah bulan Maret - November. Selama masa ini ombak laut cendrung lebih tenang, sehingga anda bisa menikmati perjalanan dengan perahu. Selama masa Desember - Januari, ombak mungkin lebih besar dari biasanya, dan kadangkala hujan sepanjang hari.

pulau lengkuas
Diantara pulau Lengkuas dan pelabuhan nelayan di tanjung Binga terdapat pulau yang lain yang dinamakan pulau Burung. Dalam perjalanan ke Lengkuas anda akan melewati pulau ini. Pulau ini sedikit lebih besar daripada Lengkuas, dengan pasir putih di sisi Selatan dan bebatuan granit di sisi Utara. Pengunjung biasanya berhenti sejenak di pulau Burung. Objek paling menarik dari pulau Burung adalah batu granit yang berbentuk seperti burung yang terdapat di pantai pulau tersebut, karena itu pula mungkin pulau ini dinamakan pulau Burung. Di pulau ini tidak ada penghuninya.


Saat perjalanan semakin mendekat ke pulau lengkuas, dasar laut yang dilalui semakin terlihat jelas karena airnya betul-betul bening. Nampak bagian dasar laut didominasi warna putih karena lapisan pasirnya dan dapat menyaksikan hamparan pasir putih bersih dikelilingi air bening bergradasi hijau kebiru-biruan.

Penghuni yang tinggal di Lengkuas hanya ada 3 orang. Mereka adalah operator dari Mercusuar. Mereka sangat ramah kepada setiap pengunjung. Perlu diketahui, persediaan air sangat terbatas di pulau ini, meskipun ada tersedia toilet, pergunakan air secara bijaksana. Tempat ini terasa sangat releks, angin yang bertiup terasa segar sekali, anda bisa berjemur dan beristirahat di atas pasir putih yang mengelilingi pulau di bawah lindungan pohon-pohon kelapa.


9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.