pantai putih matras
Pantai Matras yang terletak di Desa Sinar Baru , disebelah Timur Laut Pulau Bangka dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang atau berjarak tempuh lebih kurang 20 km dari kota Sungailiat ke arah utara, mempunyai akses yang sangat mudah karena terdapat fasilitas jalan aspal yang mulus dan lebar. Semua jenis kendaraan dapat memasuki pantai hingga ke bibir pantai yang berpasir putih dan landai dengan lebar 20 sampai 30 meter dan panjang 5 km dari ujung selatan hingga semenanjung di ujung utara.
pantai matras


Pantai ini dilatar belakangi pepohonan kelapa dan aliran sungai alami menampilkan pula laut yang bening dan pemandangan indah sehingga acapkali disebut sebagai Pantai Surga. Hamparan pasirnya yang putih, bersih dan berkilauan tertimpa cahaya matahari menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah deburan ombaknya yang berasal dari air laut berwarna biru jernih berpadu dengan langitnya yang biru, menambah nikmatnya suasana pantai. Juga Pantai yang landai dengan bebatuan kecil-kecil serta pemandangan nyiur melambai, memanjakan mata siapa pun yang menikmatinya. Lautnya yang tidak begitu banyak ikannya itu masih mempesona dengan airnya yang jernih dan bersih, mirip sekali dengan pantai-pantai di Bali.   
matras sunset




Untuk bisa sampai ke Pantai Matras terbilang cukup mudah. Anda bisa mengambil jalur darat melalui Kota Sungailiat ke arah utara menggunakan angkutan umum, sepeda motor atau mobil pribadi. Jalan yang ditempuh sudah beraspal dan relatif lebar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan menemui jalur yang curam karena sempitnya jalan.
Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, bisa masuk ke pantai ini hingga ke bibir pantai. Wilayah Pantai Matras terbilang bebas bagi pengunjung mana pun. Tidak heran bila pantai ini ramai pengunjung.
Selain itu, pemerintah setempat sudah mulai memperhatikan fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan para pengunjung seperti saung untuk duduk-duduk dan berteduh saat matahari mulai terasa menyengat. Juga fasilitas ibadah seperti musala dan tempat wudu.
Toilet umum sengaja dibuat untuk menghindari pengunjung buang hajat sembarangan di pantai. Tidak hanya itu, penjaga pantai juga disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti anak kecil yang berenang terlalu jauh dari batas pantai atau orang yang tenggelam.
Rute untuk backpacker bila sudah sampai bandara keluar dari halaman bandara,jalan sedikit naik angkot ke kota pangkalpinang,lalu meneruskan perjalanan naik angkot ke terminal selindung. Di sana kemudian naik bus tujuan belinyu, jangan tujuan sungailiat soalnya pantai matras itu antara sungailiat dan belinyu, lebih mudah bila bertanya pada kernet untuk turun di matras. Hanya saja tidak ada angkot mau masuk kesana,jadi kalau mau mencoba jalan silahkan atau cari tumpangan ke orang lain karena jaraknya cukup jauh.
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.